Posted by admin 0 Comment

Dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa, SD Muhammadiyah Bodon Kotagede melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Tepatnya pada hari Sabtu, tanggal 18 April 2014 SD Muhammadiyah Bodon Kotagede khususnya kelas lima yang berjumlah 109 siswa. Pembelajaran di luar kelas SD Muhammadiyah Bodon Kotagede berkaitan dengan mata pelajaran yang ada dalam kurikulum kelas lima semester 2 di antaranya mata pelajaran Kemuhammadiyahan,mata pelajaran IPS, dan mata pelajaran Bahasa Jawa.
Pada hari Sabtu pagi, pukul 07.00 WIB, siswa kelas lima dan guru pendamping SD Muhammadiyah Bodon Kotagede berkumpul di depan kantor sekolah untuk persiapan berangkat ke lokasi pembelajaran di luar kelas. Kepala sekolah, Drs. H. Sukemi Tirta, M.Pd memimpin untuk berdoa bersama sebelum berangkat. Selain itu, pesan Beliau sebagai kepala sekolah yaitu anak-anak harus bersikap baik dan sopan di lokasi pembelajaran di luar kelas nantinya, bawa nama baik SD Muhammadiyah Bodon Kotagede, dan ikutilah pembelajaran di luar kelas ini dengan baik untuk menambah ilmu dan pengetahuan kelak. Setelah itu, barulah berangkat dengan mengendarai 4 bus pariwisata.
Tempat pertama yang kami kunjungi yaitu museum Kekayon, jalan Wonosari. Ini berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Jawa. Siswa mengamati bentuk dan macam-macam wayang yang ada dalam museum Kekayon di dampingi oleh pemandu museum tersebut. Siswa sangat antusias mendengarkan penjelasan dari pemandu sambil sesekali memotret wayang-wayang yang sangat bernilai seni tinggi itu. Wayang sangat perlu dipelajari oleh siswa agar generasi penerus bangsa tetap cinta kepada kebudayaan nasional Indonesia.
Tempat kedua yang kami kunjungi yaitu Panti Asuhan Muhammadiyah Nurul Haq, tepatnya di jalan Gedong Kuning, belakang JEC. Dalam mata pelajaran kemuhammadiyahan, siswa mempelajari bentuk amal usaha Muhamadiyah, salah satunya Panti Asuhan Muhammadiyah. Kami membawa 3 karung beras dan sejumlah uang untuk diberikan kepada Panti Asuhan Nurul Haq. Sambutan yang hangat dari tuan rumah membuat kami sangat nyaman dan tersentuh hati kami atas keadaan yang menghuni di Panti Asuhan Nurul Haq. Ada acara bercerita dari Umi Yanto, selaku ibu yang punya Panti Asuhan Nurul Haq dan quis yang membuat siswa SD Muhammadiyah Bodon Kotagede mengasah otak demi bisa menjawab quis yang diberikan.
Tempat ketiga yang kami kunjungi yaitu Monjali, Monumen Jogja Kembali. Pastinya ini berkaitan dengan mata pelajaran IPS. Di sana kami mengamati serta menyimak penjelasan dari pemandu tentang semua peristiwa yang berkaitan dengan perjuangan para pahlawan dahulu, di antaranya tentang peristiwa Serangan Umum 1 Maret. Tak lupa kami juga memotret semua benda yang ada di dalam Monumen Jogja Kembali. Sebagai kegiatan terakhir di Monjali, kami berdoa bersama untuk para pahlawan yang telah gugur di medan perang demi bangsa Indonesia tercinta, Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pukul 14.00 kami tiba di SD Muhammadiyah Bodon Kotagede. Kegiatan pembelajaran di luar kelas kali ini sangant menyenangkan. Meskipun kami kelelahan namun terlihat jelas dari raut wajah kami yang sangat menikmati kegiatan hari ini. Semoga pembelajaran di luar kelas SD Muhammadiyah Bodon Kotagede ini semakin meningkat lagi, terutama tempat yang dikunjungi lebih banyak lagi agar ilmu yang diperoleh lebih banyak dan bermanfaat. (ars)