Posted by admin 0 Comment

Sebanyak 106 siswa kelas III SD Muhammadiyah Bodon melaksanakan kegiatan field trip di Kebon Agung, Imogiri, Bantul pada Hari Sabtu lalu tanggal 23 April 2016. Field trip tersebut berisi kegiatan belajar membatik tulis dan membuat kerajinan gerabah. Tujuannya adalah untuk mengasah imajinasi dan kreativitas dalam bidang seni dan mengajak siswa untuk melestarikan budaya lokal.

Dengan arahan dari pemandu, siswa mengikuti kegiatan belajar membatik dengan antusias. Dimulai dengan mengenal alat dan bahan membatik, mencanting kemudian dilanjutkan dengan proses pewarnaan. Tidak hanya itu, siswa juga belajar arti keselamatan kerja. Selama kegiatan membatik berlangsung, siswa dibimbing untuk bersikap hati-hati dalam penggunaan cairan lilin malam yang panas agar tidak melukai dirinya sendiri atau orang lain.ari Sabtu lalu tanggal 23 April 2016. Field trip tersebut berisi kegiatan belajar membatik tulis dan membuat kerajinan gerabah. Tujuannya adalah untuk mengasah imajinasi dan kreativitas dalam bidang seni dan mengajak siswa untuk melestarikan budaya lokal.

Siswa siswi SD Muhammadiyah Bodon Belajar Membatik Tulis

Siswa siswi SD Muhammadiyah Bodon Belajar Membatik Tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak hanya membatik, siswa juga belajar membuat aneka kerajinan gerabah. Siswa belajar membuat gerabah dengan cara cetak dan dengan alat putar. Berbagai bentuk kerajinan gerabah dihasilkan oleh siswa seperti tempat lilin, asbak atau aneka bentuk patung.

Kepala SD Muhammadiyah Bodon, Eko Rusyan Anan P, S.Pd.Si, menyampaikan bahwa kegiatan field trip akan memberikan manfaat berupa peningkatan kemandirian siswa, kreativitas serta tanggung jawab. (enno)

Siswa siswi SD Muhammadiyah Bodon Belajar Membuat Gerabah