Posted by admin 1 Comment

kartini masa kini

Sabtu, 25 April 2015 kemarin SD Muhammadiyah Bodon memperingati Hari Kartini. Meski telah berlalu, namun nuansa Kartini’s Day masih sangat terasa. Kartini’s Day di SD Muhammadiyah Bodon mengusung tema “Kartini Masa Kini Berbudaya, Mandiri, dan Berprestasi”. Ada yang istimewa dari gelaran tersebut.  Panitia acara mewajibkan seluruh peserta untuk mengenakan busana khas daerah Indonesia. Beberapa perlombaan dilaksanakan untuk memeriahkan acara. Perlombaan tersebut antara lain lomba menghias tumpeng, lomba peragaan busana adat Jawa, lomba mengarang dengan tema Kartini, serta lomba mewarnai. Perlombaan tumpeng diikuti oleh 18 kelas, masing-masing kelas diwakili oleh 3 wali murid perempuan.  Lomba menghias tumpeng tersebut juga diikuti oleh guru putra melawan guru putri. Dari 18 peserta nantinya akan diambil tiga pemenang dari wali murid serta satu pemenang dari guru.

kartini tumpeng1 kartini tumpeng2

Sedangkan lomba peragaan busana adat Jawa diikuti oleh perwakilan siswa kelas I-VI. Masing-masing kelas mengirimkan dua wakilnya yang terdiri dari satu siswa putra dan satu siswa putri. Juri lomba terdiri dari Kepala UPT PPD Kecamatan Banguntapan, Pengawas Sekolah, Dewan Sekolah, serta perwakilan dari Aisyiyah Kelurahan Jagalan.Para peserta terlihat antusias mengikuti lomba. Beberapa wali murid berusaha  tampil sekompak mungkin untuk menarik perhatian juri. Bahkan beberapa wali murid tampil dengan busana yang serasi. Para siswa juga tidak kalah antusias. Dengan penuh percaya diri, para siswa melenggak-lenggok di atas karpet. Terdengar riuh suara diiringi tepuk tangan penonton melihat aksi mereka yang menggemaskan.

kartini modeling1

kartini modeling4  kartini modeling3

Eko Rusyan Anan Prasetyo,S.Pd,Si selaku kepala sekolah SD Muhammadiyah Bodon menyampaikan bahwa program ini merupakan hal yang baru bagi SD Muhammadiyah Bodon.Jika tahun-tahun sebelumnya digelar acara berupa pawai andong, maka tahun ini dilaksanaan dengan nuansa yang berbeda. Beliau sangat mengapresiasi partisipasi seluruh warga sekolah untuk menyukseskan acara tersebut. Gayung bersambut, pihak panitia berencana mengagendakan rutin setiap tahun acara tersebut.  Dengan demikian, SD Muhammadiyah Bodon tidak hanya nguri-uri kebudayaan, tetapi juga menanamkan sikap cinta tanah air. Maju Terus Kartini Masa Kini, Untuk Indonesia yang Lebih Baik. (vita)

One Response so far.

  1. kurniawan restu p says:

    acara seperti ini perlu diagendakan setiap tahun agar peserta didik memahami betul arti dari “hari kartini”