Posted by admin 0 Comment

Hari Rabu, 9 Agustus 2017, SD Muhammadiyah Bodon menyelenggarakan vaksin Measles atau Campak dan Rubella (MR). SD Muhammadiyah Bodon berkomitmen untuk mendukung program kesehatan dari pemerintah tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama, pemerintah menyelenggarakan pemberian vaksin MR gratis bagi anak berusia 9 bulan sampai 15 tahun.

Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi Campak dan Rubella atau yang belum pernah mengalami penyakit ini beresiko tinggi tertular. Untuk mencegah penyakit tersebut, maka vaksin kombinasi vaksin Campak atau Measles (M) dan Rubella (R) dibutuhkan untuk perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella.

Dengan tenaga kesehatan handal dari Puskesmas Banguntapan II dan tim UKS SD Muhammadiyah Bodon, siswa kelas 1 –  6  mendapatkan imunisasi tersebut.

Imunisasi Campak Rubella imunisasi campak rubellaDi depan pintu ruangan UKS, siswa antusias menunggu giliran pemberian vaksin. Mereka antri sambil bersenda gurau dengan teman-temannya. Beberapa siswa mengaku berdebar menunggu giliran tersebut.

Imunisasi berjalan tanpa banyak hambatan. Beberapa siswa menangis namun tidak sampai terjadi keributan dan histeria. Kebanyakan siswa juga mengatakan berani imunisasi agar sehat. Pemberian imunisasi diakhiri dengan coretan tinta di salah satu jari siswa sebagai tanda bahwa siswa telah mendapatkan vaksin MR.

Tidak ada keluhan berarti dari siswa-siswa saat imunisasi berlangsung adalah salah satu indikator bahwa penyelenggaraan imunisasi berjalan lancar. Dengan adanya pemberian vaksin tersebut, diharapkan siswa SD Muhammadiyah Bodon menjadi generasi sehat jasmani dan rohani. Berani sehat, berani vaksin MR. (enno)